Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN PRESTASI BELAJAR REMAJA DI KELAS XI YANG MENGGUNAKAN GADGET DI SMA LABORATORIUM UM MALANG
Prodi | : PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN MALANG |
Pengarang | : BAGUS BIMANTARA |
Dosen Pembimbing | : (1) Rossyana Septyasih, SKp. MPd. (2) Maria Diah Ciptaningtyas S.Kep.Ns, M.Kep.Sp.KMB. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2016. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : PUSAT-27-A- |
Jumlah | : 0 |
Abstraksi
Abstrak Gambaran prestasi belajar remaja yang menggunakan gadget di SMA Laboratorium UM Malang. Bagus Bimantara (2016) Karya Tulis Ilmiah Deskriptif Survei, Program Studi Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Pembimbing: (1) Rossyana Septyasih, SKp. MPd. (2) Maria Diah Ciptaningt yas S.Kep.Ns, M.Kep.Sp.KMB. Kata Kunci: Remaja, Prestasi Belajar, Gadget. Gadget merupakan salah satu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya yaitu smartphone, dan computer. Gadget memiliki dampak posit if dan negat if pada prestasi belajar, salah satu dampak posit ifnya ialah dapat memberikan informasi pendidikan yang sangat luas dan dampak negatifnya ialah terdapatnya aplikasi hiburan yang dapat membuat remaja lupa waktu untuk belajar. Tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui gambaran prestasi belajar remaja yang menggunakan gadget di SMA Laboratorium UM Malang. Penelit ian ini bersifat survei deskriptif, populasi dalam penelit ian ini berjumlah 325 siswa dan sampel berjumlah 33 responden secara random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan observasi nilai UTS dan UAS pada semester genap. Hasil penelit ian menunjukkan prestasi belajar pada UTS dengan ratarata lamanya penggunaan gadget untuk jejaring sosial/bermain game selama 4 jam 100% baik. Pada rata-rata lamanya penggunaan gadget untuk membantu dalam mengerjakan tugas selama 3,36 jam100% baik, jika siswa/i memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal, maka untuk mencapai nilai sesuai kriteria siswa/i harus melakukan ujian ulang/remidi. Maka dapat disimpulkan prestasi belajar remaja yang menggunakan gadget di SMA Laboratorium UM Malang memiliki prestasi belajar berkategori baik. Diharapkan melalui penelit ian ini orang tua baik disekolah maupun dirumah lebih mengawasi putra/i didiknya dalam menggunakan gadget dan lebih meningkatkan jam belajarnya serta memanfaatkan waktu luang untuk belajar.